Rabu, 24 Oktober 2018

Keluh Kesah membuat PI


Tulisan Keluh Kesah PI
          Di semester 6 untuk jurusan Teknik Informatika Universitas Gunadarma, semua mahasiswa/mahasiswi mendapatkan matakuliah Penulisan Ilmiah. Pada matakuliah tersebut saya membuat program atau project Augmented Reality (AR) dengan tema Tata Cara berwudhu. Pada matakuliah tersebut juga saya diberi tugas bahwa tidak hanya membuat program tetapi diberi tugas untuk mempertanggung jawabkan program yang saya buat kedalam sebuah laporan/penulisan. Di penulisan tersebut saya memberi judul “Aplikasi Augmented Reality Tata Cara Berwudhu”. Untuk menulis sebuah laporan tersebut, saya dibantu oleh dosen pembimbing Dr. DINA INDARTI, S.Si, M.Si.
          Aplikasi ini dibuat dikhususkan kepada orangtua yang ingin mengajarkan anaknya atau juga dibuat untuk guru menjelaskan kepada siswa tatacara berwudhu dengan sifat interaktif. Karna pada jaman sekarang yang serba teknologi, anak-anak lebih menyukai Pendidikan yang sifatnya interaktif ketimbang membaca buku yg sifatnya menoton.
          Aplikasi ini dijalankan pada smartphone dengan memanfaatkan kamera yang diarahkan kepada sebuah marker khusus sebagai tanda untuk memunculkan Augmented Reality orang berwudhu. Jadi ketika kamera menangkap marker tersebut maka akan muncul orang 3D melakukan gerakan berwudhu.

Spesifikasi Hardware dan Software
Spesifikasi hardware komputer dan software yang digunakan saya dalam proses pembuatan aplikasi Augmented Reality ini adalah sebagai berikut :
Spesifikasi perangkat keras dari Laptop :
·         Laptop Asus model A555LF
·         Intel Core i5
·         Memory 6 GB RAM
·         Harddisk 1 TB
Perangkat lunak yang digunakan adalah:
·         Sistem Operasi Windows 10 Ultimate 64-bit
·         Blender
·         Unity

Metode Penelitian
Dalam membuat aplikasi ini saya menggunakan metode :
a.    Metode Pengumpulan data
Mengambil data untuk membuat aplikasi AR(Augmented Reality) dari internet dan buku.
b.    Metode Perancangan
Pada metode ini  dimulai dengan membuat model terlebih dahulu menggunakan Blender, membuat object manusia dan keran air sebagai model 3D yang akan digunakan.
c.     Pengujian Aplikasi
Pengujian aplikasi dimulai dengan mengamati model apakah masih ada kecacatan dalam gerakan berwudhu ataupun ada kecacatan dalam segi tekstur dan material yang telah dibuat.
d.    Implementasi
Pada tahap ini mengimplementasikan rancangan program yang telah dibuat kedalam suatu bahasa pemrograman Unity.


Kelebihan aplikasi
·         Memberikan informasi kepada masyarakat tentang tata cara berwudhu
·         Menarik dan interaktif
·         Simple bisa dibawa dimana-mana karna menggunakan smartphone

Alasan kenapa PI cepat atau lambat untuk sidang adalah karena tingkat kesulitan dalam membuat model, kesulitan dalam membuat gerakan agar tidak kaku dan kesulitan ketika mengeksport kedalam unity

Persiapan Promosi
Menceritakan kepada teman terdekat, mempromosikan lewat media social tentang aplikasi yang saya buat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar