Rabu, 24 Oktober 2018

Bisnis Dalam Bidang Informatika


Bisnis
Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan seseorang atau organisasi yang didalamnya terdapat aktifitas bertukar barang/jasa dengan tujuan saling menguntungkan. Bisnis juga sering kita jumpai setiap hari, bahkan kita sendiri terkadang lupa bahwa kita sedang melakukan bisnis, entah bisnis dalam hal membeli suatu barang atau bisnis dalam bertukar informasi.
Bisnis memiliki tujuan yaitu :
·         Menciptakan lapangan pekerjaan
·         Memperoleh keuntungan dari kegiatan bisnis tersebut
·         Meningkatkan kemajuan dan pertumbuhan ekonomi
Bisnis memiliki macam-macam bentuk yaitu :
·         Bisnis dalam bidang transportasi : angkutan umum
·         Bisnis dalam bidang Komunikasi : handphone, telephone
·         Bisnis dalam bidang Pertanian : padi, singkong,
·         Danlainlain

TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
Ilmu Teknologi Informasi adalah ilmu yang mengelola informasi agar informasi tersebut dapat mudah dicari dengan sumber yang akurat. Sedangkan untuk komunikasinya adalah cara atau proses bagaimana bertukarnya sebuah informasi.
Teknologi Informasi dan komunikasi sangat berguna dan bermanfaat didalam segala bidang, contohnya saja dibidang Pendidikan. Dengan memanfaatkan teknologi komputer yang terhubung dengan jaringan, memberikan kesempatan kepada pelajar untuk belajar secara individu melalui video atau sumber-sumber baru yang tidak diajarkan disekolah.
          Dengan adanya TIK muncul lah e-learning. E-learning adalah suatu model pembelajaran dengan  menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi dengan terhubung jaringan / internet.

Bisnis Informatika
Bisnis Informatika adalah ilmu  yang menggabungkan antara Teknologi Informasi, managemen bisnis, dan informatika. Tujuannya adanya Bisnis Informatika adalah untuk mengintegrasikan ilmu pengetahuan computer dengan bisnis administrasi menjadi satu kesatuan.

E-commerce Lazada
          Kehadiran Lazada di Indonesia menjadi saingan untuk e-commerce yang lain seperti tokopedia,bukalapak, dll. Dengan adanya e-commerce juga menjadi saingan bagi para penjual lapak konvensional.
          Lazada diluncurkan pada bulan maret tahun 2012. Dengan adanya Lazada yang bergerak dibidang e-commerce diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat dalam membeli berbagai produk dari berbagai kategori. Lazada ditunjang dengan fasilitas multiple payment termasuk  cash-on-delivery. Lazada juga memberikan banyak diskon serta promo sebagai trik management untuk menarik masyarakat membeli barang / produk yang ada di Lazada.
          Teknik penjualan yang digunakan pada Lazada adalah memberikan promo diskon serta gratis ongkos kirim, Lazada juga menggunakan layanan iklan-iklan seperti spanduk dan iklan komersial tv guna menarik daya masyarakat untuk mengunjungi situs Lazada.
          Pemeliharaan dan pemasangan pada situs Lazada sangat tertata rapih, seperti tombol login yang diletakan di sudut kanan atas yang memudahkan masyarakat untuk masuk sebagai konsumen, bagian kiri digunakan untuk kategori produk yang di jajakan oleh Lazada, bagian atas digunakan untuk search bar yang memudahkan konsumen mencari barang yang ingin dicari secara cepat tanpa memilih dulu pada katalog atau kategori.
Keuntungan menggunakan e-commerce Lazada :
·         Website terbilang ringan tidak memerlukan memory yang besar
·         Design web menarik
·         System penjualan yang terbuka (dipercaya)
Kerugian menggunakan e-commerce Lazada :
·         Terlalu banyak ads pada website

Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia dan Dunia
Memasuki era tahun 2000, perkembangan teknologi di Indonesia dan dunia mengalami kenaikan yang sangat pesat. Bahkan masing-masing negara saling bersaing membuat dan mengupgrade teknologi agar negaranya tidak tertinggal jauh atau agar bisa dibilang bahwa negaranya sudah dikatakan negara maju. Karna itu bisnis yang dulu hanya bersifat konvensional sekarang mengalami kemajuan menggunakan teknologi. Bahkan sekarang untuk melakukan kegiatan bisnis bisa dilakukan dimana saja hanya dengan menggunakan sebuah smartphone.
Karna kemajuan teknologi, perusahaan-perusahaan berlomba-lomba mengembangkan bisnisnya melalui teknologi bisnis. Sehingga bisnisnya tetap berjalan tanpa ketinggalan jaman. Perusahaan yang mengembangkan bisnisnya didunia teknologi memiliki banyak manfaat, diantaranya yaitu memudahkan pemilik perusahaan berkomunikasi dan berbisnis dengan inventor-inventornya.
          Salah satu alasan kenapa bisnis informatika berkembang pesat adalah karna adanya kemudahan dalam mengakses internet. Dengan adanya internet, manusia bisa saling terhubung walaupun berbeda negara atau bahkan bisa beribu ribu kilometer.

Daftar Pustaka
https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pengertian-bisnis.html
https://www.kaskus.co.id/thread/565f31b35a5163132e8b4567/profil-perusahaan-lazada-indonesia/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar